Asal Cuap : Selonong-Selonong

Sedang berkendara dengan motor atau mobil tiba-tiba dari sebuah gang ada motor main selonong tanpa mau melihat situasi lebih dulu. Pernahkah anda mengalami hal ini?

Jika jarak masih agak jauh anda masih punya waktu untuk mengerem sehingga tak menabrak motor itu. Sayangnya itu bisa berakibat lain jika kendaraan di belakang kita terlalu dekat. Anda bisa tertabrak dari belakang.

Jika motor yang main selonong tadi persis bersamaan dengan laju kita, akibatnya bisa ditebak kan?

Intinya, orang main selonong dari gang atau dari arah mana pun, sangat membahayakan. Mencelakakan dan memberi masalah.

Terus kita mesti bagaimana, faktanya budaya main selonong itu sepertinya semakin marak saja. Karena saat ini nyaris semua orang naik motor. Dan tak semua orang paham aturan, paham etika, paham resiko. Tak paham jika mau memahami akan menjadi paham, tapi tak paham dan tak mau memahami akan menjadi momok yang menghantui sesama pengguna jalan.

Pada akhirnya tetap kitalah yang harus berhati-hati. Bahkan ekstra hati-hati dan perhatikan gang-gang atau pertigaan atau perempatan yang biasanya banyak orang main selonong.

Sebenarnya jika minimal setiap orang mau peduli dengan dirinya sendiri, keselamatan dirinya sendiri, maka itu sebenarnya sudah cukup, karena hal itu akan membuat setiap orang berhati-hati, dan itu meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Akhirnya semua memang kembali pada kita, kepedulian pada keselamatan diri membuat kita berhati-hati. Meskipun terkadang kita terkena imbas orang yang tak berhati-hati.

Maka berhati-hatilah. Itu tetap lebih baik.


0 komentar:

Posting Komentar