Asal Cuap : Cobalah Berhenti Merokok

Saat ini harga rokok bisa dibilang sangat mahal. Jika anda bukan perokok maka itu bukan masalah. Tapi ini adalah situasi sulit bagi anda yang - masih - merokok. Pilihan paling baik - namun sulit - adalah berhenti merokok. 

Anda yang bukan perokok akan heran ketika mendengar seorang perokok mengatakan sulit untuk berhenti. Sekali lagi karena anda bukan perokok. Anda baru akan mengerti jika pernah menjadi perokok.

Kenikmatan merokok paling istimewa bagi perokok adalah sesaat setelah makan. Selain itu juga saat anda menikmati secangkir kopi. Saat seperti itu merokok akan terasa nikmat.

Seseorang yang mencoba untuk.berhenti merokok akan merasa bingung pada saat selesai makan. Apalagi jika diamati oleh perokok lain. Akan terlihat lucu. Di saat inilah situasi terberat bagi seseorang yang sedang mencoba berhenti merokok, di mana banyak orang yang gagal.

Jika pun dia bisa menahan diri, akan ada hal lain yang terdengar sepele, tapi mempengaruhi niat berhenti merokok. Yaitu komentar teman atau orang lain yang merokok.

"Biar cepet beli mobil?"

"Baguslah, biar bisa bangun kontrakan."

Komentar-komentar semacam itu sering menggagalkan niat berhenti merokok seseorang. Komentar-komentar seperti itu cenderung menohok harga diri seseorang sehingga menimbulkan pertentangan batinnya. Dan rasa harga dirilah yang kemudian menggagalkan niatnya.

Maka kemudian, hanya disiplin dan sikap kejam terhadap diri sendirilah yang bisa menguatkan niat itu, karena saat anda selesai makan, anda seperti orang yang kehilangan pegangan, dan hasrat anda meronta-ronta menginginkan sebatang rokok yang tak ubahnya gadis setengah telanjang yang menggairahkan.

Cobalah untuk menikmati dengan bersikap kejam pada diri anda sendiri. Yakinkan untuk tetap pada pilihan TIDAK. 

Terhadap komentar orang lain, cobalah untuk menerima sindiran mereka dan usahakan sekuatnya tak memikirkan harga diri anda. Pilihannya bisa kata, "sedang tidak enak merokok.", atau kata lain yang meskipun terdengar klise. Sekali lagi yakinkan pada pilihan TIDAK.

Anda mungkin perlu waktu berbulan-bulan atau bisa jadi setahun lebih untuk merasa normal sehabis makan atau saat menikmati kopi tanpa rokok. Dan sebelum anda merasakan itu, akan ada puluhan atau ratusan hari yang menyiksa anda berupa dorongan menggebu untuk kembali merokok, rasa bingung, sindiran teman, dan berbagai rasa akibat kecanduan rokok.

Hanya disiplin yang bisa membuat anda melewati masa berat itu hingga anda merasa normal tanpa rokok. Meski berat, akan ada hal positif yang membuat anda yakin bahwa berhenti merokok adalah pilihan tepat, seperti perasaan lebih sehat, lebih ringan, lebih sedikit rasa stres dan keuangan yang lebih baik.

Saat itu cobalah untuk melihat kembali berapa harga rokok favorit anda, berapa bungkus anda merokok dalam sehari, lalu kalikan 30 hari. Anda akan melihat angka yang mencengangkan yang bisa anda selamatkan dan uang itu akan balas menyelamatkan anda untuk berbagai macam kebutuhan hidup anda.

Jadi untuk berhenti merokok itu sulit? Jawabannya iya. Sulit, bahkan sulit sekali. Itulah mengapa hanya disiplin dan sikap kejam terhadap diri sendiri yang bisa membawa anda berhenti merokok. Anda bisa meminta nasehat dokter atau ahli yang bisa membantu anda, tapi sekali lagi semua tetap kembali pada pilihan sikap anda ketika anda memang berniat berhenti.

Mintalah bantuan pada orang-orang terdekat anda untuk membantu anda mengingatkan ketika ada tergoda untuk merokok kembali. Orang tua anda, istri, adik, kakak, atau siapa pun yang anda bisa percaya. Tapi anda harus rela diingatkan dan sabar.

Ada satu perspektif yang bisa dianggap paling ampuh untuk anda yang sedang mencoba berhenti merokok., yaitu berapa uang yang bisa anda selamatkan dengan tidak merokok. Keluarkan uang seharga rokok favorit anda setiap hari dan masukkan ke dalam celengan. Bukalah di hari ke 30, dan mulailah berpikir apa yang anda impikan untuk anda miliki. Lalu mulailah menabung. Anda akan merasakan bahwa berhenti merokok adalah pilihan yang menguntungkan masa depan anda.

Anda bisa mulai mencobanya jika anda ingin berhenti merokok, abaikan jika tak sependapat. Pilihan sepenuhnya ada pada diri anda. 

0 komentar:

Posting Komentar