Cerita Arena : Barcelona Tanpa Messi?

Era kebersamaan Barcelona dengan mega bintangnya Lionel Messi tanpa terasa sudah akan memasuki tahun-tahun terakhir. Tak ada yang tahu kapan kebersamaan itu akan berakhir. Tapi cepat atau lambat, hal itu akan terjadi.

Messi memang belum habis, tanpa kehadirannya, Barcelona hampir selalu tertatih-tatih mengarungi pertandingan demi pertandingan, tapi waktu telah membawa sang bintang ke usia 33 tahun.

Gairah Messi mungkin tak akan pernah habis untuk sepak bola, tapi usia yang semakin menua akan berbanding lurus dengan penurunan kekuatan fisik seorang pemain sepak bola.

Barcelona tentu saja menyadari hal ini. Tapi fakta bahwa mereka begitu nyaman bergantung kepada sang bintang selama bertahun-tahun berakibat pada kesulitan mereka meninggalkan zona nyaman itu.

Lihat saja apa yang seringkali terjadi jika Messi tak bermain. Entah karena cedera, atau rotasi. Padahal para kolega Messi di Barcelona pun sosok-sosok bintang.

Ketergantungan. Semua ini karena ketergantungan karena Messi begitu konsisten terlibat dalam urusan mencetak gol. Sebagai pencetak gol dan sebagai pemberi assist.

Sedangkan pemain lain sulit menggantikan peran bilamana Messi harus menepi karena berbagai alasan. Ada pendapat yang mengatakan bahwa era Barcelona akan habis setelah Messi tak lagi ada di barisan pemain.

Tentu saja Barcelona tak menginginkan hal itu terjadi. Mereka berupaya untuk mencari sosok pengganti Messi. Tapi sampai hari ini, sampai di usia Messi yang mulai menua, mereka masih terus bergantung dan berharap Messi akan bermain sampai umur 40.

Setiap era ada tim hebat, dan setiap tim hebat ada eranya. Ini hal yang tak bisa ditepikan. Seperti AC Milan yang begitu bersinar di awal 90 an. Kini mereka terlihat biasa saja. Bahkan kesulitan di kompetisi domestik.

Membicarakan peningkatan menuju ke puncak memang begitu menggairahkan, kita akan bersemangat membuka lembar kosong sejarah dan menuliskan tanpa sedikitpun tertinggal, sementara merasakan laju yang terus menurun menjauhi puncak adalah buah simalakama, tak ingin ditulis dalam sejarah, tapi harus tertulis dalam sejarah.

Kita tak akan tahu apa yang akan terjadi dengan Barcelona ketika Lionel Messi sudah tak bermain di sana. Apakah mereka akan mendapat sosok pengganti dan tetap menjadi raksasa di Spanyol dan Eropa, atau kembali menjadi biasa-biasa saja.

0 komentar:

Posting Komentar